Pengertian Pendidikan: Tujuan, Unsur, Landasan, Asas, & Lingkungannya

Pada masa yang serba canggih ini, pendidikan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi tiap tiap individu. Bahkan pemerintah sudah mewajibkan warga negaranya untuk meraih hak pendidikan selama 12 th. dan disarankan lebih dari itu. Secara sederhana, pendidikan sanggup menjadi sarana individu agar sanggup terhindarkan dari kebodohan. Semakin tinggi pendidikan maka akan semakin tinggi pula pengetahuan yang akan didapatkan. Lalu, apa itu sesungguhnya pengertian pendidikan itu? Mengapa recis fmm jambi pendidikan perlu bagi kehidupan kami dan generasi masa depan? Supaya Grameds lebih memahami konsep pendidikan, maka liat penjelasan berikut ya. Menurut ahli pedagogik dari Belanda, Langeveld, memberikan bahwa pengertian pendidikan merupakan suatu bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk menggapai tujuan, yakni kedewasaan. Mendidik dan pendidikan adalah dua hal yang memiliki keterkaitan. Pengertian pendidikan sendiri artinya melakukan suatu tindakan berupa memberi tambahan pendidikan kepada pihak lain. Menurut Ki Hajar Dewantara, edukatif adalah menuntun segala kemampuan kodrat yang tersedia terhadap anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota penduduk sanggup menggapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Lalu, menurut Crijns dan Reksosiswoyo, edukatif adalah bantuan yang diberikan oleh siapa saja yang bertanggung jawab atas perkembangan anak untuk membawanya ke tingkat dewasa. Menurut GBHN 1973, pendidikan terhadap hakikatnya adalah bisnis memahami untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan peserta didik di didalam dan di luar sekolah dan berjalan seumur hidup. Terdapat lebih dari satu konsep dasar berkenaan pendidikan, yakni
  1. Bahwa pendidikan berjalan selama seumur hidup (long life education) Hal berikut dikarenakan bisnis pendidikan sejatinya sudah diawali sejak manusia lahir dari kandungan ibu hingga meninggal.
Konsep pendidikan berjalan selama hayat ini seolah memberi tambahan pengertian bahwa pendidikan tidak persis bersama lingkungan sekolah saja, tetapi juga didalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
  1. Tanggung jawab pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat, dan pemerintah.
  2. Bagi manusia, pendidikan merupakan suatu kewajiban dikarenakan dari ada pendidikan, manusia sanggup memiliki kemampuan dan kepribadian yang berkembang.
Sehingga sanggup diartikan dari pendapat-pendapat berikut bahwa pendidikan adalah suatu bisnis yang disadari, bukan suatu perbuatan yang teledor begitu saja agar dirinya menjadi manusia dewasa yang bertanggung jawab dan mandiri.

Sé el primero en comentar

Dejar una contestacion

Tu dirección de correo electrónico no será publicada.


*